Tidak cuma punyai jejeran pantai eksotik, Jawa Timur jadi surganya beberapa pendaki. Sebab ada banyak pucuk gunung yang menyebar di propinsi ini dan memikat buat ditelusuri. Beberapa salah satunya bahkan juga benar-benar dekat kedengar di telinga mereka yang kemungkinan tidak pernah mendaki. Dimulai dari gunung yang ramah untuk pendaki pemula, sampai yang mempunyai lajur berlebihan, seluruh dapat ditemui di Jawa timur. Jika kamu pencinta rintangan dan pengin mendaki, di bawah ini referensi rekreasi gunung di Jawa Timur yang menjadi arahmu.

     PESONA GUNUNG BROMO YANG MEMANJAKAN MATA

Gunung Bromo

Gunung Bromo kemungkinan jadi tujuan mainstream untuk beberapa pendaki, karena tujuan yang ini minim rintangan. Benar-benar gampang untuk nikmati panorama mata hari keluar atau menyaksikan kawahnya yang aktif. Tetapi, malah itu yang membuat Bromo dicintai, seluruh orang dapat nikmati pemandangan elok yang dijajakannya.

Gunung yang ada 2.392 mdpl ini masuk di dalam 4 daerah kabupaten. Nah, saat sebelum ke arah kawah Bromo, pelancong yang tiba harus melalui lautan pasir yang paling luas. Gunung ini dipandang seperti tempat suci untuk Suku Tengger, dan tiap tahunnya terus digelat upacara Yadya Kasada.

Gunung Ijen

Gunung yang ada di Banyuwangi ini sering jadi sasaran beberapa pendaki. Sebab, cuman di kawah Ijen berikut kamu dapat melihat peristiwa sangat jarang api biru. Kabarnya, cuman ada dua tempat di dunia yang mempunyai peristiwa elok ini, tidaklah aneh jika banyak pendaki atau pelancong di luar negeri yang jauh tiba kesini.

Meskipun mempunyai medan cukup terjal, tetapi dapat diraih dalam 2,5 jam saja. Oleh karena itu banyak pendaki pemula yang tiba ke tempat ini. Di atas Gunung Ijen, kamu dapat berjumpa dengan beberapa penambang belerang yang setiap hari menanggung beberapa puluh kilo hasil tambangnya.

Gunung Kelud

Gunung satu ini berada di tepian Blitar dan Kediri, sempat alami erupsi besar pada 2014 lalu, sekarang Gunung Kelud telah dibuka untuk pendakian. Jika kamu pengin nikmati rintangan mendaki Gunung Kelud, seharusnya mulai mendaki dari Blitar, sebab lajur Kediri lebih condong ke rekreasi. Diperjalanan ke arah Pucuk Kelud, kamu dapat melihat sisa-sisa letusan awalnya. Disamping itu, kamu harus mempersiapkan air yang cukup, sebab temperatur di dekat kawah benar-benar panas, dan di sini tidak ada sumber air.

Gunung Welirang

Posisinya ada di tepian Kabupaten Malang dan Mojokerto, di tempat ini ada dua pucuk gunung yang dapat kamu daki sekalian. Yakni Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, sebab ke-2 gunung itu posisinya berdekatan. Apa lagi, pucuk Gunung Arjuno terletak satu punggungan yang serupa dengan Gunung Welirang.

Ada empat lajur yang dapat kamu tentukan untuk capai pucuk gunung ini, yang semasing lajurnya tawarkan daya tariknya sendiri. Tretes misalkan, meskipun lajur ini lumayan berat tetapi mempunyai sumber air yang melimpah.